Ratu Gurih

Sekali lagi saya pingin nyicipin menu seafood di Makassar. Tujuan kita sore ini ke Restoran Ratu Gurih. Pas mo naek becak, kita ketemu lagi ama becak+abang yang sama dengan kemarin, tapi sekarang as roda udah diperbaiki. Becak mengantar plus menunggui kita selama makan.

Restoran Ratu Gurih termasuk restoran besar dan bagus. Masih terletak di Losari, tepatnya di Jl. Lamadukelleng. Pengunjungnya banyak dari berbagai kalangan. Karyawannya juga ramah, rapi, berseragam motif batik. Panggangan seafood dan bak wadah ikan segar terletak di pintu masuk. Pada bagian tengah restoran terdapat kolam ikan beserta air mancur. Ruang tempat makan pengunjung ada dua, area merokok dan non merokok. Saya dan suami memilih area merokok, karena tempatnya terbuka, bisa melihat keluar jalan. Tempat duduknya di teras, sekalian melihat proses pemanggangan.

 DSC00309Menu yang bisa dipilih banyak banget. Kita juga bisa memilih sendiri ikan segar yang mo dimasak. Saya memilih Kepiting Saus Ratu Gurih. Sambal yang bisa dinikmati ada lima macam, yaitu sambal mangga muda, sambal terasi, sambal tomat, sambal kecap dan sambal cabe merah. Sambal mangga muda terdiri dari dua mangkuk, satu mangkuk berisi irisan mangga muda+jeruk pecel dan mangkuk lain berisi sambal cabe merah. Kita mencampur sendiri irisan mangga muda dengan cabe merah uleg. Begitu pula sambal kecap, mangkuk irisan tomat dan cabe rawit telah tersedia, tinggal menuang sendiri kecap ABC dari botol. 

 DSC00311Saus pada kepiting berwarna merah tua dan kental. Irisan tomat dan bawang bombainya kecil-kecil. Bawangnya terasa di lidah. Tapi menurut saya sausnya kurang legit deh. Hahaha, dasar orang Jogja suka manis. Seni memakan kepiting adalah melepaskan cangkang dari dagingnya. Krack! Itu sih tugas suami saya, hehehe. Daging Kepitingnya lembut, apalagi bagian yang dekat capit kepiting, banyak dan lembut. Sluurrpp! Daging yang sembunyi di ujung capit harus disedot pake mulut. Dijamin puas bisa menguras bersih seluruh daging kepiting…

 DSC00318

Ikan Bakar Parape, ikan bakar rasa manis. Kalo ini warnanya mirip ikan bakar di Jogja. Ikannya berjenis ikan Mubara. Ikan dibelah jadi dua di tengah, supaya terpisah dari bagian kepala sampai ekor. Bumbunya coklat kehitaman, tekstur agak kasar, diolesin tebal di belahan tengah ikan, rasanya enak manis gurih. Dagingnya lembut banget. Ambil sepotong daging, lalu dicocolin di bagian bumbu tadi, yummi, tambah enak. Durinya terletak di tengah jadi gak kuatir makan duri (emangnya bandeng?).

 DSC00319

Sapo Tahu Jepang Seafood, uenak-ee, Rek! Tahu Jepang-nya saya belah, di permukaan dalamnya kayak putih telur lembut nan gurih. Sedangkan kulitnya dibalut tahu berwarna coklat muda yang krispi. Kuah Sapo warnanya merah kecoklatan segar. Berbaur dengan daun kubis, cabe merah, irisan cumi-cumi, ayam dan jamur. Mabok kepayang, sampai mblenger. Giliran makan Sapo, kita gak habis nih, duh maapin ya. Sudah takdirnya untuk dibungkus, dibawa pulang, naek becak…

3 thoughts on “Ratu Gurih

  1. Klo lain kali jalan2 mkassar mampir lagi ya… Masih banyak yg blm d cobain makananx..
    Untuk informasi aja sekarang d ratu gurih ada loh bandeng yg g ada durix sama sekali.
    Sudah d cabut semua..hehehe…
    Lain kali ada diskon khusus klo datang lagi.. Tinggal d informasikan namax saja..

    Thank you so much….

    Ratu Gurih Seafood market & resto

  2. nyam nyam nyaaaammm…
    saya org makassar tapi belum pernah ke ratu gurih, kalah sama org jogja nih?

    besok deh saya ke sana

    kunjungan pertama
    salam kenal ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s