Tetanggaku dari Jogja

Sore hari saya dan suami jalan-jalan di dalam komplek. Sesampainya di depan rumah nomer Enam, saya lihat pintu kayu terbuka, hanya pintu kasa aja tertutup. Maen aakh..Tok! Tok!.. Gak ada jawaban..

Trus kita jalan lagi, bertandang ke rumah nomer Satu. Permisi..Permios..Punten.. Embak-embak yang muncul. “Lagi tidur..,” katanya. Upss, mengganggu manten anyar nih, hehehehe..

Pas lewat rumah nomer Dua, empunya-nya nongol karena mendengar langkah kita di jalan. Setelah ngobrol singkat, kita ditawari untuk mam bersama ntar malam jam setengah delapan di rumah nomer Enam.

Kebetulan ada tiga buah jeruk orange di kulkas. Saya mengupasnya, ngilangin bijinya, tambah air+gula pasir, trus diblender. Satu teko jus jeruk saya bawa untuk bertandang ke rumah mbak Anin.

mbak Anin, Alam dan Bambang udah selesai memasak Ikan Asin Goreng, Sayur Bening, Telur Dadar, Tempe Goreng dan Nasi. Sebelum saya berada di Jayapura, suami saya kerap cerita, memasak dan makan bersama kayak gini udah sering terjadi..

Saya pertama kali ketemu mbak Anin di Bandara Adisutjipto. Dia barusan pulang kampung. Rumahnya di dekat UIN Jogja. mbak Anin punya kakek nenek yang tinggal di Bogem, Kalasan. Nah, hari itu kita sama-sama mo ke Jayapura. Hanya saja, saya kecantol dulu di Makassar selama lima hari..

mbak Anin sudah lebih dari lima tahun bekerja, dan berpindah-pindah tempat. Kayaknya asyik mengelilingi Nusantara seperti itu. Berpetualang dan melakukan apa-apa sendiri. “Tapi capek,” tukas Bambang. Ya iyalah..

Bertemu orang Jogja, kalo diputar-putar, ketemunya orang yang sama-sama kita kenal. Dunia Jogja memang sempit..

Hmm, betah atuh masak dan makan barengan, sambil ngobrol apa saja..

Harga emas sekarang lagi naik. Satu gram, tiga ratus empat puluh ribu rupiah. Emas di Jayapura kan paling bagus. Ibuku titip-titip..

Ya gini, bawa alat pancing. Memanfaatkan apa yang ada. Kalo gak, bisa bosan. Kan gak ada apa-apa..

Besok driving, yuk. Atau kapan kita turun sekalian. Eh, diliat mbak, gimana Anang maen. Belum pernah kan..

Ke Dobo,, ke Dobo. Diajak ke sana, mutiara di Ambon dari sana kog..

Wamena cuma dekat. Ke sana sehari bisa. Naek pesawat pagi, muter bentar, siang pulang, sore dah sampai sini..

Trigana kan rutin ke Wayame, bisa nebeng..

Payung? Aku kog gak dapet payung? Aku inget payung gara-gara kemarin hujan seharian, mo liat luar, nyari payung, gak ada..

Kalo naek kapal gak boleh bawa babi. Saya bawa nangka! Bapak, gak boleh bawa babi! Saya bawa nangka! Ini babi, Bapak! Bukan, (babi) (saya) namanya Nangka!

Panjang..Gak slesai-slesai..Muter..Critanya dari ini ke itu..Kirain apa..Kalo minum Qualala bisa salto..aduuhh..

Gak terasa udah lewat jam sepuluh malam. Semakin malam, obrolannya semakin hangat. Berhubung esok hari mbak Anin mo dinas ke Sorong, kita undur diri, mo istirahat juga. Biasanya kalo dinas bisa sampai satu bulan. Waks, kapan lagi ketemu. Mungkin di Jogja aja..!

Tinggalkan Balasan

