Petualangan dengan Papeda

Kamis tanggal 5 Februari, orang Jayapura memperingati Hari Penginjil. Seluruh instansi libur, jadi bisa maen. Pagi hari kita sempat masak mie telor goreng untuk sarapan. Siangnya kita janjian mam Papeda di rumahnya Eko, temen kantor suami saya, barengan sepasang manten anyar (Ibnu dan Aan).

Eko dan keluarganya udah lama tinggal di Jayapura, melebur dengan Museum Negeri Papua di daerah Waena. Ibunya yang ahli masak mempunyai warung makan bernama Muze. Banyak yang bilang, Papeda di Warung Makan Muze paling enak..

Warung Makan Muze

tempat duduk pengunjung Warung Makan Muze

 

Sagu dimasak, dikasi garam biar gurih, sambil diaduk-aduk sampai kental. Saya gak tahu apa yang membuat orang bilang kalo Papeda di Warung Makan Muze paling enak, karena gak sempat merasakan di tempat lain. Pas ngliat penampakan Papeda kali pertama..Bleehh..kog kayak lem “Glukol” ???

Papeda..Hmm..Cruputt..

Papeda diberi kuah asam pedas dari Sop Ikan Tuna. “Supaya tidak eneg..Biasanya kalo makan Papeda pertama kali rasanya eneg..Nanti kalo gak kuat eneg bisa diganti makan nasi, gpp, ada kog..,” kata ibunya Eko. Kuahnya berwarna kuning kemerahan, warna kunir dan cabe. Konsistensi agak kental karena dicampur santan.

Sop Ikan Tuna

Cruputt..lidah saya ndulit sesendok makan Papeda..Huuaa..hambar alias anyep (padahal udah dimasak pake garam lho)..Lidah saya mendorong Papeda ke langit-langit mulut..Kyaaa..lengket auw, nempel di kawat gigi saya, hihihii..Tak perlu dikunyah, langsung telan aja..Huueekk..di tenggorokan ada yang nggumpal, grenjel-grenjel..Ceblung..lolos masuk lambung..tapi kayaknya kog ilang di perut, lari kemana..?

Sepanjang makan saya melirik suami. Melihat gimana cara dia makan. Mereka-reka apa yang dia rasakan. Kog dia bisa uueenaak banget mamnya ?!? Emang dasar tukang makan, sampai endut gitu..🙂

Sendok kedua saya baru nyadar, asam pedas kuah ikan tuna kuat banget, pas untuk menetralisir rasa Papeda. Ikan tunanya berdaging, berukuran besar, dan lezat (bumbunya meresap). Selain itu Papeda dipasangkan dengan Tumis Daun+Bunga Pepaya. Nah, ada rasa pahitnya kan, sekalian obat tolak bala kena Malaria. Trus campur pula dengan Sayur Kangkung. Lauk tambahan berupa Hati Ayam Goreng dan Bakwan Ikan (mirip ikan wader).

Tumis Daun+Bunga Pepaya

Sayur Kangkung dan Hati Ayam Goreng

Sambal yang cocok adalah Sambal Tomat yang disemproti jeruk nipis. Sambal ini dicampur dengan kuah ikan tuna. Pedasnya tambah segar, apalagi ditambah kecutnya jeruk nipis.

Makan Papeda ada SOP-nya lho! SOP = Standart Operating Procedures. Kudu urut, kalo gak ntar dicerewetin ma yang punya warung makan. Hahaha..

SOP..SOP..bla..bla..tau' tau' (manggut-manggut)

Gak ding, gak dicerewitin kog..ini supaya Papeda afdol lezatnya. Perhatiin baek-baek ya :

1. Siapkan piring makan dan sendok

2. Masukkan kuah Sop Ikan Tuna ke dalam piring

kuahnya dulu yang dituang ke piring

3. Masukkan Sambal Tomat ke dalam kuah, aduk-aduk sampai bercampur (banyaknya sambal sesuai selera)

4. Ambil daging Ikan Tuna (rugi kalo gak nyikat ikan tunanya!)

5. Masukkan Papeda di atas kuah

6. Jangan lupa sayuran : Tumis Daun+Bunga Pepaya, Sayur Kangkung

7. Lauk bisa ditambah Hati Ayam Goreng dan Bakwan Ikan

papeda siap dimakan..

8. Minum sesuai selera (jus buah, jeruk/teh manis, air putih, dll)

9. Selesai makan..cuci piring..

Kata Eko, makan Papeda gak awet kenyangnya, gak seperti makan nasi. Benar juga, selesai makan perut saya belum kerasa penuh. Satu jam kemudian saya udah lapar. Atau hanya sugesti aja ya?? Atau gara-gara makan angin di puncak Benteng MacArthur?? Gak tau je, yang jelas udah kelakon mam Papeda, sebelum saya meninggalkan Jayapura..

2 thoughts on “Petualangan dengan Papeda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s