Gule Kepala Ikan di Ulu Juku

Welcome back, Makassar..

Saatnya jelajah dan wisata kuliner kembali..

Waktu itu perut saya sakit. Kembung masuk angin ditambah disminorhe. Atau karena lapar ya? Gak salah sih kalo mencoba mengisi perut. Apalagi udah saatnya makan siang. Kayaknya pas kalo pake yang berkuah dan panas-panas..

Asyiiik.. Akhirnya saya diajak suami ke Rumah Makan Ulu Juku..

Harga Irit, Rasa Selangit..*kata slogannya*

Kita mam di Ulu Juku kedua. Letaknya di Jl. A.P. Pettarani (depan Ramayana). Dari luar tampak kecil dan sepi. Ternyata dalamnya luas juga. Terkesan luas mungkin karena langit-langitnya tinggi. Bikin gak gerah sih apalagi ada kipas angin baling-baling di eternit.

Restoran Ulu Juku

suasana makan di Ulu Juku

Ada berbagai macam jenis gule kepala ikan kakap. Yang paling enak Pallumara. Harga satu porsi dua puluh tiga ribu rupiah. Terdiri atas tiga kepala ikan. Kuahnya berwarna kuning muda encer. Rasanya gurih, menurut saya malah asin banget. Di dalam kuah ada potongan daun bawang, wortel, bawang merah goreng, dan tomat.

Gule Kepala Ikan Pallumara

Nasi diletakkan dalam wakul anyaman bambu. Dilapisi daun pisang yang dibentuk segitiga pada ujungnya. Kita memesan nasi untuk tiga porsi. Saya, suami saya, dan pak Yusuf “Ucup” sang driver. Harganya tujuh ribu rupiah.

wakul nasi, trio sambal, dan kecap manis

Sambalnya ada tiga pilihan. Ada sambal mangga muda dan sambal tomat. Atau cukup ‘nyeplus’ cabe rawit merah aja biar pedas. Biar manis (bagi yang keasinan kayak saya) ditambah aja kecap manis..

Mengais-ais daging ikan kakap pada tulang kepala sungguh asyik. Ada yang terselip pada insang atau pojok kepala. Butuh nyesep-nyesep..nyedot maksudnya..supaya daging ikan terlepas dari tulang. Tulang belulang yang tersisa ditaruh di piring kecil.

selesai makan..

Di sini disediain mangkok kecil berisi air ‘kobokan’ untuk cuci tangan. Nah, kog volume air cuma sebuku jari tangan. Biasanya semangkuk penuh. Ya memang selama makan, jari saya yang kotor ternyata cuma sebuku. Dipakai pas ‘nyincing’ daging kepala ikan. Selebihnya saya memakai sendok karena ada kuahnya.. Ngirit air..?

Aaah, badan udah seger lagi. Sakit perut udah berkurang. Saatnya pulang, istirahat, merebahkan badan di kasur, kaki selonjor biar gak pegal..

Haah.. Habis makan trus tidur??? Kapan gemuknya???

5 thoughts on “Gule Kepala Ikan di Ulu Juku

  1. betulll…… RM. Ulu Juku makanannya memang enaaak. Belum bisa dikatakan ke makasar kalo belum ke RM. Ulu Juku……..

  2. saya cobain ulu juku yang di Dg. Sirua, rasanya memang mak nyezzz. kalo yg di pettarani belum pernah nyoba

  3. @Abu Ghalib

    sama aja kali mas…
    Ulu Juku selain di Pettarani jg ada yg di Dg. Sirua…
    tp kyknya skrg udh pd pindah ke Racing Center dkt gubernuran yach…🙂

    @All

    bbrp wkt lalu suami sy mau membawa Gule Ulu Juku ke Jkt dan minta utk dipacking…
    wow…packingannya rajin bgt yah,
    pakai dibungkus kertas kado gambar batik segala…hehe…
    siiip deh Ulu Juku…😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s