Jawa Asri

Kembali lagi ke Jawa Asri.. Karena kenangan pertama tak terlupakan..

Dari pagi hari saya udah ngerasa gak enak badan. Kayaknya masuk angin, pake mual-mual. Good Day Mocacinno tadi pagi mbludagh keluar perut lagi. Wah, jangan-jangan maag saya kambuh? Atau saya masih jetlag niy..?

Makan malam susah ditelan. Bandeng Presto Asli Jogja kesukaan saya rasanya hambar tuu.. Ooh, nafsu makan hilang entah kemana.. 

Obatnya adalah Rumah Makan Jawa Asri.. Hahaha..

Dasar, doyan jajan.. Hehehe..

Rumah Makan Jawa Asri ada di Jl. Sultan Hasanuddin No.22. Pemiliknya suami istri dari Jawa Timur. Sang istri saat ini lagi hamil. Karyawannya kebanyakan juga dari Jawa. Kalo tahu sesama orang Jawa, mereka ngajak ngomong Basa Jawa.. โ€œPesen pinten, Pak..Sampun telas..Nggih, Pak..โ€

Rumah Makan Jawa Asri

Satu porsi Sate Kambing ada sepuluh tusuk. Tiap tusuk terdiri dari lima potong daging kambing berukuran sedang. Di tengahnya diselipi gajih alias lemak daging kambing. Harganya enam belas ribu rupiah.

Terkenal enak karena setelah dibakar gak alot dan gak amis. Lemak daging kambingnya juga gak bau amis. Di sini gak pake sambal kacang. Cukup kecap manis aja yang dicampur irisan bawang merah, cabe rawit merah, dan tomat. Trus ditaburi merica bubuk.

sate kambing Jawa Asri

Nasi disajikan dalam piring datar. Dibentuk gunungan mangkuk. Satu porsi harganya tiga ribu rupiah. Saya pikir gak bakal habis kalo makan satu porsi. Hampir aja pesen setengah porsi. Nasi dalam gunungan tidak padat. Jadi gak bervolume banyak, gak bikin kenyang..

Daging kambing mengalir ke kepala saya. Hmmm, hangat, hidung sampai meler nih, hihihi.. Siapa mo coba sate kambing Jawa Asri? Ayo ke Makassar..

Selama di Makassar jarang sekali saya memesan Jus Alpukat kesukaan saya. Selain harganya mahal, saya udah bawa lima buah Alpukat dari rumah Jogja. Teh manis di sini berharga dua ribu rupiah. Sedangkan Jeruk Panas berharga lima ribu rupiah..

sate ayam Jawa Asri

Oiya, selain sate kambing, ada sate ayam juga. Satu porsi Sate Ayam berisi sepuluh tusuk. Harganya empat belas ribu rupiah. Sambal kacangnya lembut dan manis, pas di lidah saya..yummy..๐Ÿ™‚

Suami saya nambah makan pake Pecel Lele dan Tempe Penyet. Tak ada yang istimewa dari cita rasanya. Hanya saja, Pecel Lele harganya delapan ribu rupiah. Dan Tempe Penyet berharga lima ribu lima ratus rupiah.

tempat makan pengunjung

Yang paling kesohor memang Sate Kambing dan Sate Ayam. Tapi ada juga menu lainnya loh.. Seperti rawon, pecel madiun, rujak petis, nasi campur, kari ayam, gado-gado, soto ayam, sayur asem, gule kambing, ayam goreng, lontong tahu telur, lontong campur.. dst..

Waks, kenyang..๐Ÿ˜€

8 thoughts on “Jawa Asri

  1. namanya Jawa asri kenapa kok gak pakai ali, artinya jawanya kurang asli. setengah lluar jawa, setengah jawa. harga mahal ukuran makassar. kalau di jawa nasi gudeg sepincuk cuku 5000 dengan teh panas.

  2. mohon maaf ya om/tante klo lontong tahu telurnya agak beda rasanya..
    klo om/tante dtg lagi ke jawa asri hr ini,sy jamin rasanya sdh sprti yg dl lg & om/tante blh maem gratis deh krn ibu & bpk sy slalu ingin membrikan yg terbaik kpd para pelanggan demi utk kemajuan usaha org tua sy.
    sy tnggu ya om/tante utk dtg ke jawa asri lg !๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s