Fort Rotterdam

Keluar dari Dermaga POPSA, saya dan suami menyeberang jalan. Mumpung udah dekat dan sekali jalan, kami mampir ke Fort Rotterdam. Kalau dari Pantai Losari jaraknya sekitar 200 meter. Gak jauh kan…

Fort Rotterdam tadinya bernama Benteng Ujungpandang. Dibangun tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-10, Tuni-pallangga Ulaweng. Benteng berbentuk kaya seekor penyu yang lagi merangkak, arah kepalanya menuju lautan.

gerbang Fort Rotterdam dan becak nongkrong

Bentuk benteng ini mengandung filosofi bahwa penyu bisa hidup di darat maupun di laut. Begitu pula putra-putra Kerajaan Gowa berjaya di daratan dan lautan. Hmmm…

Nama Benteng Ujungpandang diubah menjadi Fort Rotterdam setelah Belanda berhasil menguasai Kerajaan Gowa pada tahun 1667. Cornelis Speelman sengaja milih nama Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Huuh…, penjajah slalu begitu! (ya iyalah..)

Saat itu hanya benteng ini yang disisakan, benteng-benteng lain yang menjaga kekuatan kota di tepi laut telah dimusnahkan oleh Belanda. Fort Rotterdam kemudian menjadi pusat pemerintahan.

Banyak benda bersejarah bisa diliat di Fort Rotterdam. Referensi tiga kerajaan besar di Sulawesi Selatan nyaris utuh di benteng ini. Salah satu bagian dalam benteng yang menyimpan benda-benda itu adalah Museum La Galigo.

Di dalam Museum La Galigo tersimpan antara lain payung kebesaran raja, tombak, senjata tradisional prajurit kerajaan, dll. Ada pula artefak seperti tulang dan senjata tajam peninggalan manusia purba di Sulawesi Selatan.

penjara tempat Pangeran Diponegoro disekap

Bagian lain dari kompleks perbentengan ini adalah penjara jaman Belanda. Di sebuah ruangan itulah Pangeran Diponegoro pernah disekap pada tahun 1834. Ruangnya ada di paling pojok benteng dan paling lecek dengan sebuah kompresor AC nangkring disitu. Hihihi…

2 thoughts on “Fort Rotterdam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s