Apa Jenis Kelamin Calon Bayimu? ^_^

Kayaknya wajar sich klo masuk kehamilan bulan ke-4 mesti udah bikin antusias calon Mom&Dad buat nyari tau jenis kelamin calon bayi. Karena rata2 pada bulan ke-4 ini calon bayi udah bisa diliat atau dicari jenis kelaminnya lewat pemeriksaan USG dokter.

Walo kemajuan dunia kedokteran udah bisa bantu orang tua buat nyari tau jenis kelamin janin dalam perut ibu. Tapi, sampai sekarang masih banyak dech yg ngandalin berbagai tanda ‘peninggalan’ leluhur untuk menebak jenis kelamin calon bayi. Ini saya rasakan dari celetuk dan komentar teman, sodara, kerabat, orang tua kepada saya yg antusias menebak jenis kelamin calon bayi saya. Hihi, seneng aja sich ndengernya, pada perhatian kayak gini…🙂

Ada seorang teman orang asli Bugis Makassar yg bilang ke saya, “Ibu kog tambah cantik, bayinya laki-laki ini…”

Sedangkan mbak2 cuci setrika, orang asli Klaten, yg kerja di rumah ibu saya bilang, “Mbak Vierta kog tambah ayu, sepertinya anaknya perempuan itu…”

Pas saya harus bed rest, banyak berbaring di kasur selama Ramadhan, ada seorang teman asli Jakarta nyeletuk, “Mbak, anakmu laki itu, soalnya manja, dulu aku juga gitu dikit2 sakit otot sana sini, eh anaknya laki dech, kalo anak laki manjaa…”

Ada lagi ART-nya kakak saya, Bibi ini orang asli Boyolali, pernah mergoki saya lagi nyapu car port rumah ibu saya, bilang begini, “Wah kalo rajin bersih2 begini biasanya anaknya perempuan…”

Trus ada beberapa teman yg komentarnya sama ke saya, “Oh anaknya laki-laki itu, soalnya item2 kulit lehermu, trus bentuk perutmu lancip ke depan…”

Ngobrol ngalur ngidul sama teman yg asli Jawa Timur, tiba2 dia tertawa, menertawakan kata2 saya, trus dia bilang, “Mbak, kamu jahil banget sich, anakmu laki yaa…”

Hihihi…Lucu2…yg paling lucu dua komentar yg saling bertentangan …bahwa “kalo ibunya pas hamil tambak cantik” dibilang calon bayinya laki-laki…tapi ternyata ada juga yg bilang perempuan…yg bener yg mana dooonk…😆

Sayangnya, sampai sekarang cara alami ini belum dapat dipastikan kebenarannya. Tapi dengan tanda-tanda alami ini, para calon Mom&Dad bisa nebak jenis kelamin calon anak dengan cara yg lebih menyenangkan dech. Hehehe. Penasaran pengin tau lebih banyak, saya nyari dari sebuah sumber tentang tanda2 alami jenis kelamin calon bayi itu…

Bayi Laki-Laki:

  1. Gak ngalami mual2 di pagi hari selama masa awal kehamilan
  2. Detak jantung janin kurang dari 140 detak/menit
  3. Berat badan bertambah di bagian perut
  4. Perut kliatan kayak bola basket
  5. Posisi perut kayak turun ke bawah
  6. Pengin maeman yg asin dan asam
  7. Pengin maeman yg mengandung banyak protein, kayak daging dan keju
  8. Kaki terasa lebih dingin dibandingkan dengan sebelum kehamilan
  9. Bulu kaki tumbuh lebih cepat selama kehamilan
  10. Tangan sangat kering
  11. Tidur dengan kepala mengarah ke utara
  12. Berat badan calon ayah ikut bertambah seiring dengan bertambahnya berat badan calon ibu
  13. Calon ibu terlihat lebih menarik
  14. Urin berwarna kuning terang
  15. Hidung calon ibu melebar
  16. Sering ngalami sakit kepala

Bayi Perempuan:

  1. Mengalami mual2 di pagi hari di masa awal kehamilan
  2. Detak jantung janin paling tidak mencapai 140 detak/menit
  3. Berat badan ibu bertambah di bagian paha
  4. Payudara ibu sebelah kiri lebih gede dibandingkan payudara sebelah kanan
  5. Sebagian rambut calon ibu berubah warna jadi kemerah-merahan
  6. Posisi perut di atas
  7. Perut terlihat kayak buah semangka
  8. Pengin makanan yang manis
  9. Pengin buah-buahan, terutama jus jeruk
  10. Penampilan calon ibu tidak semenarik biasanya
  11. Mood lebih mudah berubah
  12. Tidur dengan kepala mengarah selatan
  13. Warna urin kuning pucat

Ada yg udah membuktikan belom? Atau ada yg hasilnya bertolak belakang? Kasi komen yaa, hihihi. Soalnya saya sendiri belum bisa membuktikan, kan calon bayi saya belom lahir…

Nah, balik lagi ke pemeriksaan USG dokter, dua kali perut saya diUSG dokter di Makassar, hasil jenis kelamin calon anak saya sama. ‘Pencarian’ jenis kelamin janin ini pertama kali saya minta pas kehamilan bulan ke-4, yg kedua di bulan ke-5. Dokternya sich bilang masih bisa berubah sampai kehamilannya besar nanti. Maksudnya lebih jelas dan pasti terlihat klo janin udah gede, usia janin sekitar 32 atau 36 minggu di trimester ketiga kalee…

Tapi kan saya terlanjur senaaangg…sekali doang saya keceplosan ngobrolin hasil jenis kelamin calon bayi saya pada seseorang…boleh donk saya bagi2 berita senang ke orang lain…tapi…waladalaah…kepergok suami ngobrolin jenis kelamin bayi malah dimarahin nich…Suami saya bersikukuh untuk tidak membicarakan jenis kelamin calon bayi saya kepada orang lain, kalo perlu sampai bayinya lahir…Iya sich memang bener kata suami saya, apapun jenis kelaminnya sama saja, mau laki2 atau perempuan gak masalah, yang penting bersyukur, secara kita berdua hampir dua tahun menunggu datangnya calon bayi…Iya deeech…😛

Calon Mom&Dad, Selamat menebak jenis kelamin calon bayi anda…🙂


14 thoughts on “Apa Jenis Kelamin Calon Bayimu? ^_^

  1. Amin…yg ptg lahir dgn selamat and sehat…. Saya baru nikah lgsug sebulan kemudian saya lgsug hamil anak pertama….paz USG 3 dimensi usia kandungan saya 4 bulan sampai 7 bulan liat p”kembangan calon anak saya….alhamdulilah dr 1-7 bln p”kembangan”y normal and baik2xx saja… Namun ada yg menganjal d hati saya….ketika tau anak saya perempuan suami saya tdk begitu respon….wajah”y tak begitu happy….pdhl swktu d USG 4 dimensi kemarin t”yata jenis kelamin”y perempuan jua tak berubah….d USG 4D saya melihat jelas wajah anak saya begitu lucu dan p”kembangan”y normal and sehat…saya amat binggung andai benar anak yg saya lahirkan perempuan saya harus b”buat apa….!??? Saya takut nanti d ceraikan suami saya atau sama mertua saya juga tdk akan d sayang anak saya….mereka smua megharapkan anak laki2xxx…..Apakah saya harus percaya 100% sama USG 4 Dimensi….????? Andai saya b”doa meminta anak saya b”rubah menjadi jenis kelamin laki2xx….Apakah saya menyalahi kodrat….????? Mohon bantuan”y utk saya lebih tenang meghadapi persalinan 3mggu lg…. Trmksh

  2. hi bunda riu chalista ahza….ky nya pengalaman km sama ky aku hikhiks…baru aja bbrp hr lalu USG dan kata nya calon bayi perempuan…hubby sih seneng tapi aku tau kalo sbnernya dia pengen anak laki2 huhuhuu. kehamilan ku udh 5 bulan…apa msh bisa berubah gt jenis kelaminnya? share ya bun pasca melahirkan gmn… add teitter ku @ranggandari

  3. Hy bun,. Mw berbagi crta nee,. Kn Skrng saya hamil ank ke2 nee,. Ank pertama saya laki2 v saya ingin banget ank perempuan dan aneh x saya tidak mengalami muntah atau pun mual,.kenapa begitu yaa ,.

  4. kalo saya sedang hamil 4 bulan, kami sudah punya 3 anak lelaki dan kehamilan saya ini di usg lelaki lagi, saya tahu suami kecewa dan saya juga bingung bagaimana nasib anak saya ini jika ayahnya kurang menyayanginya. andaikan ada doa atau apapun yang bisa dilakukan untuk merubah jenis kelamin bayi menjadi perempuan, tolong bantu ya moms

  5. bun.jd gmn anaknya laki ato perempuan?sama aja mau anak cow ato cew.yg penting anaknya lahir dgn selamat,sehat serta jd anak berbakti.aq lg hamil anak kedua uda 5 bln.anak pertama q cew.wkt hamil 4 bln hasil USG uda lgsg dktr pastikan anak cew.perbedaan wkt hamil anak pertama aq suka bngt dandan walaupun di rmh.muka jg kinclong,jerawat ga ada yg nongol.perut q bundar melebar ke samping.yg kedua ini hasil USG sih cow.pagi” males x mau mandi ato klr rmh.muka sm punggung pun jerawatan.kumal bngt la nampaknya.perut lancip ke dpn.mudah”an hasil USG nya akurat y.suami sih pengen anak cow.tp sm anak sndr pastinya semua ortu tetap sayang y.klo yg kita inginkan ga sesuai y syukuri aja.anak kan anugerah dr Tuhan.drpd ada org yg pengen bngt pny anak tp ga bs hamil”

  6. Saya hamil 15 weeks bun. Penasaran jg apa jenis kelamin si debay, hehehhe. Kalo dr ciri2 diatas sih cowok… Tp td usg, perkiraan awal dr dokter, JK-nya cewek… Ayo bunda2 yang udah pd punya momongan, share doonnkk pengalamannya mengenai ciri2 diatas, sesuai ga? ^^

  7. Istri lagi hamil 5 bln dan belum diketahui jenis kelaminnya…kenapa bisa gitu ya..padahal kehamilan sudah 5 bulan..kalau kakak ipar saya pas hamil 4 bln sdh diketahui jk nya..knp istri saya blm diketahui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s