Limbung, resto & mancing ikan air tawar

Ini jalan2 kedua setelah jadi ‘tahanan’ kota selama hamil trimester pertama. Hahayyy. Kita mau ke Limbung, kali ini arahnya ke kabupaten Gowa. Kira2 45 menit perjalanan dari Makassar. Udah kebayang makan ikan air tawar. Apalagi kalo bukan ikan gurame. Hihi. Selama di Makassar lebih banyak makan ikan air laut. Agak jarang memang nemu resto ikan air tawar di sekitar Makassar, yg tempatnya asik dan agak2 mirip resto2 ikan tawar di Jawa. Kalo di Jogja kan gampang ya nemu resto ikan tawar, kayak Boyong Kalegan dan Kangen Desa di Pakem, yg tempatnya adem, hijau, asri dan asik, banyak pondok2 kecil di atas kolam besar, ada sampannya pula. Cieee Jogja banget…. Ini sama kejadiannya pas saya di Jayapura, pas nyari resto+pemancingan ikan air tawar di Koya.

resto & pemancingan LimbungLimbung itu nama sebuah resto masakan ikan air tawar. Ada beberapa olahan masakan ikan air tawar di sini. Selain itu, tempat ini punya konsep “mancing langsung”. Kita bisa mancing langsung ikan yg pengin kita santap, trus diolah sesuai selera kita. Paket paling murah untuk makanan yaitu nasi, ikan, sayur, paling dikit 25.000 rupiah.

Untuk memancing ikan, kalo gak bawa alat pancing sendiri, bisa sewa pancing bambu dengan harga 5000 rupiah. Bentuknya batang bambu tipis tinggi 1.5 meter. Ada benang diikat di bambu trus dipasangi kail diujungnya. Pelampungnya cuma potongan sendal jepit. Umpan juga disediakan bersama alat pancing. Yg bisa dipancing ada ikan gurame, ikan lele (yg panjangnya ada yg nyampe setengah meteran), ikan mas gede2, ikan bawal (gedenya seukuran sandal cowok ukuran 45), ikan patin, dan ikan air tawar lainnya. Kalo gak pengin hasil tangkapannya disantap disini, atau pengin diolah sendiri di rumah, bisa bawa pulang hasil pancingannya dengan ditimbang dulu.

ini pondok2 di Limbung yg blm jadi, asri dg tanaman padiSaat itu Limbung lagi bikin pondok2 baru di sisi samping. Masih proses finishing pembangunan. Pondok2 baru ini berbahan permanen, kalo yg pondok2 lama kan dari kayu (rumah panggung). Yg menarik, tanaman hias yg ditanam di sekitar pondok2 baru ini berupa padi. Warna hijau segarnya bikin mata sehat euy. Dan saat ada angin meniup padi2 ini, suara gemerisik gesekan daun2 padi bikin suasana beda, khas banget gesekan daun padi, bener2 berasa lagi Out of Makassar dech….

Siang itu kita nyampe sana rada telat. Udah waktunya maem siang, hari Minggu pula, penuh dech tempatnya. Gak dapet tempat di pondok kecil, akirnya kita duduk di bangunan depan yg deket kasir. Yach, dapet tempat yg berkursi2 dech, daripada gak dapet tempat sich. Yg jelass lapeerrr, kog gurame bakarku ndak datang2 ya? Udah diganjel pake tiga jagung rebus *buat berdua* (jagung rebusnya dicolek2 pake sambel garam) masih juga laperr, brarti kelamaan nunggunya nich….

Kita ke Limbung emang gak ada niatan buat mancing ikan. Lhaa gak hobi mancing, kayaknya juga ndak bakat dech. Aneh benerr, hehehe. Intinya laperrr dan makannn *maklum bumil ya*. Konyolnya nich, pas pesen menu, saya udah ngliat pilihan olahan ikan gurame di buku menu. Trus tiba2 saya membayangkan ikan gurame bakar ala resto Boyong Kalegan dan Kangen Desa yg full kecap, berwarna coklat, legit manis, dan rasa bumbu rempah2nya tajem. Trus saya tanya ke pelayannya, ada gurame bakar gak mas? Dia bilang, ada. Dan saya pun memesan gurame bakar yg tidak ada di menu. Wah, harus dibangunkan dari mimpi nich, gawat, ini bukan di Jogja euy! Dan bener aja, pas masakan datang, bukannya dapet gurame bakar manis tapi malah gurame bakar pedass buanget, gurame bakar itu berbentuk gurame rica2….huhuhuuu….😥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s