Arvin kena Diare-Muntah2-Demam, hikshiks, Kasihannyaaa…… :-(

Apa siy penyebab diare?

Klo kisah Ayah Arvin kena diare 2x agak2 membingungkan. Pas diare pertama, keluhannya muncul setelah makan gado-gado (jajan). Lucu siy, sebagai org Nganjuk yg menu ajibnya pecel, bumbu kacang tentunya sudah jadi hal tak asing bagi perut Ayah Arvin. Tumben bereaksi ajaib dengan diare semalaman 20x. Kemungkinan kacang yg dipake udah basi kali yaa? Dokter A (dokter umum) bilang perut Ayah Arvin gak kuat kacang, so jangan makan kacang2an dulu, susu jg gak boleh, yg lemak2 jg stop dulu. Kacian dech, pecel yg tadinya ajib jd momok terbesar. Dokter A cmn kasi obat maagh+obat diare Biodial aja. Obat maagh utk mengurangi gas2 di perut, sendawanya emg guedhe2 kyk raksasa cegukan, hehe.

Dan apa saya bilang, sbg warga Nganjuk, mana tahan klo gak makan pecel! Dua minggu stlh kejadian, Ayah Arvin makan pecel lagi. Dikira anti kacangnya cmn sementara doang. Wong badan udh fit gak ada keluhan mencret2 lagi. Susu jg dimulai lagi (yg low fat). Kejadian dech diare lagi utk kedua kalinya dlm 2 minggu. Bedanya, priksa ke dokter B (dokter umum) kali ini dikasi Oralit. So Ayah Arvin gak selemas diare pertama. Tapi diare ini menular ke Arvin (20 months old). Dan serial hari2 menyedihkan dimulai, hiks.

Arvin sejak Senin (17/9) malam smpai Selasa pagi gak brenti diare dan muntah2. AyahBundanya begadang gantiin sprei, baju Arvin, baju AyahBunda bkali2 karena kena tinja+muntahan, nyebokin ke kamar mandi bolak-balik, bersih2 muntahan, dll. Stress liat Arvin nangis2 karena kesakitan dan gak nyaman.

Paginya (Selasa) Arvin saya kasi Oralit (minta obat milik ayahnya) jd agak lebih segar, diajak ke RS malah lari2 kayak udh sembuh aja. Ditimbang berat badannya turun 800gram. Menurut saya, kalo anak Anda kena diare parah segeralah pergi ke dokter supaya gak telat/gak parah penurunan berat badannya atau dehidrasinya. DSA X (dokter spesialis anak) kasi 3 obat, puyer (isinya enzim pencernaan) katanya siy bikin nafsu makan membaik. Trus antibiotik karena diagnosisnya infeksi saluran pencernaan. Trakir obat diare Lacto-B (udah umum ini yaa obat). Selama 24jam pertama gak ada makanan yg masuk. Selalu muntah, kalo gak yaa menolak (gak selera makan). But alhamdulillah, Arvin sangat menyukai air putih (kebiasaan pemberian air putih sjk MPASI), bundanya lega karena dikit2 Arvin minta minum air putih.

Setelah 24jam pertama (Selasa sore) akirnya bubur (nasi tim) bisa masuk, itu aja dikit banget. Rabu masih diwarnai diare tapi muntah udah cuman sekali sehari. Obat gak maksimal masuk coz susah banget ni anak minum obat, mulut merapat, tangan kaki nendang kemana2, pake nangis histeris pula. Rabu sore ketemu Ayah pulang kantor, kayaknya Arvin sedikit hepi, liat Ayah makan malam pke nasi kog alhamdulillah ikut2an makan nasi, sejak itu sampai hari2 berikutnya Arvin malah makan nasi 3x sehari, walo dikit2.

Masuk hari ketiga (Kamis), demamnya mulai turun. Obat tetep susah masuk dipaksa pun tetep susah, klo dapat bantuan Ayah Arvin: saya ‘nyogok’ obat, Ayah mengekang badan Arvin, jadinya horor dech! Pintu jendela saya tutup rapat2 spy tangis Arvin gak ganggu tetangga, hahaha. Sekali pakai sendok mau tp hbs itu gak mau, trus pakai sedotan gak mau juga, akirnya pakai pipet Tempra berhasil. Tapi lama2 Arvin tau jg pipet itu untuk obat, susah diakaliiii… Pipet tetep tapi obat saya campur dengan sedikit sirup Marjan rasa lemon (maaf yaa bagi yg kontra dg tindakan saya ini), eh kog selalu bisa masuk malah pipetnya disesep sama Arvin (pada akhirnya sirup Marjan lemon saya ganti dg madu asli Al-Shifa). Dasar anak susah diakali saking pinternyaaa, lama2 gak smua jenis obat bisa masuk karena tau pipet itu obat…*puter otak lagi*.

Yang paling bikin sedih bukan kepalang ketika melihat badannya mengurus+melemas dari hari ke hari. Dan melihat Arvin kesakitan tiap kali perutnya mulas mau diare. Udah gitu tiap cebok nangis2 karena duburnya luka lecet (saking seringnya kegesek tinja).

Di hari ketiga (Kamis) saya nyobain apa kata orang2 tentang daun jambu biji utk obat diare. Daun jambu biji muda tiga lembar (kata ibu saya ambil angka ganjil tiga atau lima, karena Allah menyukainya) dicuci bersih pakai air matang, trus dibecek-becek di dalam gelas+satu sdm air matang. Air sarinya yang diminumkan ke Arvin (ditambahin sirup melon Marjan atau madu). Udah 3x saya berikan ke Arvin.

Di hari keempat (Jumat), ajaib siy tapi juga membingungkan, frekuensi diare Arvin berkurang, tapi muncul keluhan lain yaitu sakit perut hebat diakhiri sendawa dan perut Arvin berbunyi keras krucuk2 dan bung2. Lho kog kayak perut kembung masuk angin aja nich???? Saya hentikan pemberian daun jambunya. Kata Ayah Arvin mungkin gak kuat sama daun jambu biji. Perut saya olesi dg balsam Transpulmin kalo rewel sakit perut. Di hari keempat ini Arvin jg tidur lbh lama, dikit2 tidur, mungkin karena frekuensi diare berkurang jadi Arvin membayar hutang tidurnya. Tapi justru lemasnya sungguh semakin memelas, kayak lg gak liat sosok Arvin Si Aktif Ceria😦

Hari kelima (Sabtu) frekuensi diare Arvin semakin sedikit. Oralit tetep saya berikan walo sedikit2 pakai pipet Tempra. Agak kawatir dg lemasnya Arvin, kami bw kontrol ke dokter lagi. Gak ketemu dokter yg dulu, gak masalah dech ketemu sm dokter lain. Yg penting anaknya bisa sehat. And malah dapat surprised second opinion. Pas nimbang berat badan, ternyata Arvin naik 300 gram. Jadi bener yaa obat enzim pencernaan yg dkasi DSA X itu memperbaiki nafsu makan? Karena memang di hari ketiga Arvin malah doyan makan nasi (lembek), bikin berat badannya bisa naik (Bunda legaaa). DSA Y said, lemasnya Arvin karena sakit perut kembung, diberilah obat sakit perut Ranivel. Kata DSA Y lanjutkan Lacto-B karena bakteri baiklah yg banyak berperan menekan bakteri patogen di saluran pencernaan. DSA Y berpendapat, jangan berikan Oralit. What?? Kata dia, Oralit itu kan dlm btk cairan kental, kalo pencernaan blm bagus, nanti cairan kental itu akan kluar membawa cairan yg lain, alias malah bkin diarenya gak mampet. Hemm setau saya Oralit berperan mengganti cairan tubuh yg hilang supaya gak dehidrasi. Untungnya Arvin mmg suka minum air putih selama diare. Sampai Sabtu malam keluhan Arvin masih sakit perut. Begitu diminumin obat sakit perut langsung kluar gas, gak cukup kentut, harus sendawa, kalo belum nyampe sendawa tetep rewel kesakitan. But Ranivel hanya saya berikan dua kali saja dan Arvin sudah membaik sakit perutnya….🙂

Minggu akirnya dapet dech tinja Arvin yg lebih padat. Belum menggumpal siy, lagi konsistensi seperti pasta aja. Hari Senin Arvin gak pup, saya pikir malah sembelit, tapi masih normal lah kalo 1-2 hari sekali pup-nya. Lemas gontai sempoyongan masih dominan sampai. Baru Senin (24/9) sore kliatan lain, Arvin sdh bisa menarik mainannya. Tapi kalo angkat box mainan masih belum kuku makanya selalu diakhiri dengan kekecewaan, nangis2 dech jadinya. Selasa kluar pup masih kayak pasta tapi lebih lengket. Well, saya harap semakin hari semakin baik….

Talking about Trauma. Arvin trauma sama kamar mandi. Tiap kali diajak ke kamar mandi nangis2, mungkin dia teringat jaman2 kesakitan cebok diare (duburnya luka lecet). Kalo nangis dan minta digendong oleh bundanya Arvin selalu triak2 “sayang”. Rupanya kata2 penghiburan saya ketika cebok diare dulu melekat di memori Arvin. Arvin jadi anak yg sensitif, dikit2 nangis, gak mau pisah sama bundanya alias selalu minta gendong, suka marah membanting mainan, dikit2 apa yg saya lakukan terlihat salah di mata dia, cengengnya minta ampun….

Rabu (26/9) sore ini alhamdulillah ada perubahan besar pd fisik Arvin. Jalannya dah bakoh gak sempoyongan lagi. Pupnya akirnya menggumpal. Pipi dan perutnya agak chubby karena makan banyak dan mau minum susu teratur walo sedikit2 (pd akhirnya minum obat gak horor lg, Lacto-B saya campur dlm susu). Nangis2nya kog yaa berkurang, bunda tinggal sholat Ashar kog anteng nonton tv. Good boy, I love you, sehat selalu, nakkk….

Diare seperti Arvin disebabkan oleh infeksi bakteri. Bisa berasal dari tangan Arvin sendiri yg masuk mulut. Bisa juga ada something wrong dlm makanan (kayak kasus Ayah Arvin). Bayangan saya, kalo kondisi gak fit melalui udara pun bakteri ini bisa menginfeksi kita. Waktu itu saya mengkhawatirkan apakah ada kemungkinan kemasukan larva cacing pita. DSA Y bilang, kalo karena cacing pita diarenya akan berulang, sedangkan Arvin kan baru sekali. Sedangkan diare yang ditunggangi virus biasanya disertai tanda2 batuk pilek. Apalagi diare ditunggangi typhus, demamnya bisa lebih parah lagi…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s