Pepes Bandeng

Tadinya pengin beli ikan patin tp telat, udah habis dibeli org laen, kata Nanang (tukang sayur) td cm kulakan setengah kilo aja. Trus saya liat ikan2 lain yg masih ada, nyantolnya ke dua ekor ikan bandeng. Sambil keinget masa2 di Makassar, ikan bandeng di daeng ikan dijual segar2 dan besar2 dengan kulit yg aduhai mengkilat segar. Ah dua ekor bandeng ini (dijual 14 rebu) akan saya olah jd pepes aja kayak masa2 di Makassar dulu, sering bgt bikin pepes bandeng.

Sejarahnya pepes bandeng yg srg saya bikin di Makassar ini bermula dari perkenalan saya dengan “embak” asisten rumah tangga tetangga komplek saya, yg aslinya Jawa Barat. Dulu pas di Jawa embak ini pernah berprofesi di daerah Anyer sbg penjual ikan bakar. Pas ikut nyicipi pepes bandeng karya dia eh kog rasa2nya cocok yaa. Katakanlah ini pepes bandeng ala Anyer, hihihi. Bumbunya gak rumit dan cara bikinnya dah dimampatkan menjadi praktis. Saya keep deh resep pepes bandeng ala embak ini sampai skrg stay di Jakarta. Heheh…

Pepes gak manteb klo gak dibungkus si hijau daun pisang. Akirnya beli daun pisang 1000 rupiah, sama Nanang hampir gak dikasi karena saya butuhnya lebih dikit lagi. Eyel2an sm Nanang eh ada yg ngedenger. “Bagi dua aja sama punya saya,” ternyata ibunya tetangga ada yg dah beli daun pisang 2000 dan menawarkan separuhnya utk saya. Asek2. Tadinya mau dibungkus total dg daun pisang eh dah dikejar2 Arvin, akirnya saya taroh di loyang yg saya alasi daun pisang. Suami saya pulang kantor tentu aja keheranan dg wujudnya yg mendadak kayak kue (karena ditaroh di loyang). “Apa ini?” Saya bilang itu pepes bandeng. Lalu suami nyomot seiris masuk mulut dan bilang, “Enak, enak…” ^_^

Pepes Bandeng

BAHAN:
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Lada/merica
Ketumbar
Cabe merah (saya skip)
Garam
Gula pasir sedikit
Kecap sedikit

CARA:
– Bandeng mentah dibelah horizontal
– Duri tengahnya diambil
– Trus daging bandeng dikerok dr tulang2 besar yg ada di tengah – Tulang besar di perut dihilangkan
(Kalo saya daging bandeng juga saya kerok dari kulitnya)
– Trus kerokan daging bandeng diblender plus duri2 kecilnya, pas diblender dikasi air sedikit – Smua bumbu dihaluskan
– Daging bandeng yg udah diblender halus dicampur rata dg bumbu halus, tambahin gula pasir dan kecap – Trus dibungkus daun pisang
– Dikukus sampai matang

Tinggalkan Balasan

